Hotel Review: Liburan Lebaran @Mercure Hotel Simatupang

Libur Lebaran kemarin gw dan keluarga menghabiskan waktu di Mercure Hotel Simatupang. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya gw dan istri selalu menginap di hotel atau keluar kota saat lebaran, pertimbangannya karena males beberes akibat ART pada pulang kampung 😀 Tapi memang 2 tahun terakhir kami selalu menghabiskan waktu liburan di Jakarta karena gw selalu dapet jatah duty di kantor saat hari H Idul Fitri. Klo tahun lalu kami menginap di Kosenda hotel dan All Season hotel, tahun ini kami memutuskan untuk menginap di Mercure Hotel Simatupang karena mereka punya rooftop bar yang lucu dan dekat dengan mall (baca: PIM). Selain itu karena gw anggota member Accorplus, gw bisa dapet discount khusus member plus masih ada jatah nginep gratis yang harus gw pake sebelum bulan September. Booking hotel gw lakukan dari 1 bulan sebelumnya dengan rate IDR 600rb untuk 2 malam di kamar privilege king deluxe. Urusan booking hotel kelar, dan muncullah jadwal kerja gw di bulan Juli yang  ternyata tahun ini gw dapet off di hari H dan H+1 Idul Fitri *dueeeennnggggg* Tau gitu mending liburan keluar kota 😦 Yaah karena hotel udah dibayar, dengan terpaksa kami harus menginap disana supaya uang yang sudah gw bayarkan ga hangus. Dan H-1 sebelum Lebaran, salah satu temen kantor dan keluarganya (Devi dan keluarga) ikutan nginep di Mercure Simatupang sekalian liburan bareng.

Di hari Idul Fitri, sebelum menuju hotel, gw dan keluarga berkunjung dulu ke rumah saudara di daerah Bintaro yang kebetulan merayakan Idul Fitri, lumayan bisa menikmati ketupat sayur dan juga kue-kue khas Lebaran. Emang lebaran rasanya kurang afdol yah klo ga makan ketupat :p Menu ketupat sayur kali ini adalah opor ayam, rendang, dan lidah sapi. Rasanya dijamin nampoool banget, gw sampe nambah saking enaknya.

Kue-kue lebaran
Ketupat, opor, rendang, dan lidah
Selamat Idul Fitri

Selesai silaturahmi dengan sodara-sodara gw memutuskan langsung ke hotel karena ngeliat kondisi jalanan hari itu banyak yang macet terutama di daerah Bintaro. Dan memang udah lewat jalan tikus sekalipun, tetep aja gw masih kena macet juga. Dari Bintaro ke hotel gw menghabiskan waktu kurang lebih 1 1/2 jam, untungnya perut sudah terisi kenyang jadinya istri dan anak-anak ga cranky 😀 Tiba di hotel kami langsung check in dan menuju kamar untuk istirahat karena gw mulai ngerasa ngantuk. Sampe di kamar ternyata kamarnya ga sesuai ekspektasi gw, cukup luas sih tapi untuk ukuran kamar privilege king deluxe kamar ini yerlalu kecil. Masih lebih gede yang di Mercure Setiabudi,Bandung. Mungkin karena harga tanah di Jakarta lebih mahal kali yaaahhh :p

Kamarnya ga terlalu gede
Kasurnya lumayan gede
Rafael ngegeratak amenities -,-

Selesai beberes, gw berniat langsung tidur siang tapi ternyata hari itu Rafael bener-bener susah diajak kompromi. Dia malah sibuk menjelajah isi kamar hotel sambil ngegeratak apapun yang dia liat, alhasil gw membatalkan niat gw untuk tidur siang dan memilih untuk ngajak Rafael berenang sambil bersantai di rooftop bar yang terletak di lantai 19. Seperti yang gw bilang di atas, Mercure Simatupang punya rooftop bar yang lucu yang namanya Karumba dan ada kolam renangnya juga. Kolam renangnya sih kecil banget tapi suasana di barnya bikin betah berlama-lama disana. Sama seperti kebanyakan hotel lainnya, Mercure punya 2 jenis kolam renang, kolam air hangat dan air dingin. Gw memesan pizza meat lovers dan istri memesan Taco sebagai cemilan. Suasana bar di sore itu ga terlalu ramai, jadi gw berasa bar itu milik sendiri 🙂

Swimming Pool
Karumba

IMG_1580 IMG_1579

Boss kecil asik berenang

Puas bermain air, kami kembali ke kamar untuk mandi dan bersiap-siap ke mall untuk makan malam. Kebetulan Devi dan keluarganya sudah tiba di hotel juga. Mall yang kami pilih malam itu adalah PIM, dan ajaib di malam itu tidak terlihat kemacetan di sekitar PIM dan cari parkir juga relatif lebih mudah. Simple thing yang sulit ditemukan di kala weekend 🙂 Suasana mall malam itu tidak terlalu ramai dan masih banyak toko yang tutup, mungkin karena hari ini adalah hari pertama lebaran jadi masih banyak yang silaturahmi ke rumah orangtua dan saudara. Setelah berkeliling, kami memutuskan untuk makan malam di Remboelan. Menu yang gw pesan adalah ketoprak, karena sejak beberapa hari terakhir gw emang lagi kepingin banget makan ketoprak abang-abang. Tp sayang ketopraknya ga sesuai harapan, rasa bumbu kacangnya agak aneh dan gw putuskan untuk tidak menghabiskan makan malam gw. Selesai makan malam, istri mengajak makan es krim yang katanya lagi kekinian (gw lupa namanya), es krimnya sih kya es krim cone Mc* tp dikasih madu di atasnya. Menurut gw rasanya biasa aja dan overpriced, masih enakan es krim yang gw sebutin di atas nama brandnya :p Makan malam udah, dessert juga udah, sekarang waktunya kembali ke hotel karena anak-anak mulai ngantuk, terutama Rafael yang seharian itu memang ga tidur sama sekali.

Dinner @Remboelan

Pagi harinya kami bangun pukul 08.00 dan langsung menuju restaurant untuk sarapan, ternyata Devi dan keluarganya sudah lebih dulu ada di restaurant. Pilihan makanan untuk breakfast disini cukup bervariasi dari dimsum, sushi, indonesian breakfast dan international breakfast. Sesuai prinsip yang gw anut, pantang pulang sebelum kenyang jadilah kami bolak2ik ambil makanan sampai perut kenyang. Sarapan pagi akhirnya ditutup saat anak-anak mulai ribut kepingin berenang. Setelah ganti baju kamipun langsung menuju ke kolam renang. Sayangnya hari itu service dari Mercure staff sangat buruk, tidak ada handuk yang bisa dipakai dan  tidak ada petugas sama sekali di lokasi sepanjang kami 1 jam berenang yang mengharuskan kami untuk kembali ke kamar untuk mengambil handuk. Entah karena memang tiap pagi tidak ada petugas yang duty atau mungkin karyawannya cuti semua, yang pasti kejadian itu berulang hingga besok.

Makannya lahap bener :D
Makannya lahap bener 😀
Family portrait
Fun time :)
Fun time 🙂

Habis berenang, anak-anak mulai teler dan kecapean jadilah mereka tidur dulu sebelum lanjut jalan-jalan lagi. Bangun-bangun perut sudah kelaparan lagi karena sudah waktunya makan siang, awalnya gw kepingin makan Loobie Lobster yang di Panglima Polim kemudian lanjut ngopi-ngopi di Crematology tapi ternyata Loobi Lobster yang di Pangpol udah lama tutup, jadilah gw lanjutin perjalanan langsung menuju daerah Senopati. Apesnya lagi hampir seluruh resto di sepanjang jalan itu masih tutup, mana perut udah laper plus ga ada resto yang buka. Untungnya si Crematology ini buka, jadilah kami putuskan untuk makan siang disana. Gw memesan Lasagna dan istri pesen Spaghetti Aglio Olio. Dan sama seperti kemarin makanan yang gw pilih rasanya gagal, masih jauh lebih enak spaghetti punya istri. Karena masih kurang kenyang gw pesen lagi beberapa croissant dan juga latte.

Siap untuk jalan-jalan 🙂
Beef Lasagna
Coffee Latte

Selesai makan siang, kami meluncur ke Gandaria City supaya anak-anak bisa main. Berhubung Rafael masih belum puas makan siangnya (karena tadi waktu di Crematology doi tidur dan baru bangun waktu kita ud mau selesai makan), gw mampir sebentar ke Fook Yew untuk pesen makan buat Rafael. Setelah itu kami berkeliling mal sambil anak-anak sedang asik main balon yang mereka dapat waktu antri di kedai es krim Turki Zahra. Ga terasa waktu sudah mulai malem dan waktunya untuk makan malam, lagi-lagi kami kepingin makan masakan Indonesia dan malam itu kami putuskan untuk makan di Kafe Betawi. Karena gw ga mau salah pesen makan lagi, kali ini gw pesen yang pasti-pasti aja, nasi putih sama soto betawi sukses bersarang di perut gw. Perut kenyang hatipun senang 😀 Tujuan selanjutnya adalah Toys Kingdom karena anak-anak minta main Lego dan kemudian dilanjutkan dengan naik Chocho Train mengelilingi area Lantai 4. Acara malam itu ditutup dengan dessert Tai Parfait (cemilan Jepang berbentuk ikan yang bisa diisi topping dan pake es krim) dan Golden Egg Tart.

Tai Parfait.. Sluurrrppp
Dinner @Kafe Betawi

Hari ke-3 kami bangun lebih siang, dan langsung menuju ke resto untuk breakfast. Kali ini Devi dan keluarga belum muncul dan mereka lebih kesiangan daripada kami. Sama seperti kemarin kami makan sampai kenyang kemudian lanjut untuk berenang karena kemarin anak-anak beli alat bubble untuk dipakai main di kolam renang. Sama seperti kemarin, tidak ada handuk dan petugas sama sekali di area kolam renang. Untungnya kali ini kami lebih sigap dengan bawa handuk dari kamar supaya ga perlu repot bolak2ik kya kemarin. Selesai berenang kami bersantai sebentar di kamar sekaligus beberes kemudian check out. Tujuan kami hari ini ke mall yang sedang hits di kawasan Tangerang, dan yuupp kami berencana ke AEON Mall. Agak nekad sih mengingat di hari biasa aja mall itu cukup rame dan susah cari parkir, apalagi di hari libur kaya gini. Dan benar saja dari kejauhan sudah tampak antrian masuk menuju AEON Mall. Untungnya kami tidak terlalu kesulitan mencari parkir. Tantangan selanjutnya adalah mencari tempat untuk makan siang karena mostly semua restoran penuh dengan waiting list. Yang ada di pikiran kami saat itu adalah taro nama sebanyak-banyaknya di tiap restoran yang paling sedikit waiting listnya, dan yang paling cepat antriannya adalah Hongkong Cafe. Makanannya sih biasa saja tapi cukup mengenyangkan dan harganya affordable.

Nasi pake telor ceplok :D
Nasi pake telor ceplok 😀
Makan Indomie aja pake jauh-jauh ke AEON :p

Selesai makan siang, kami mengajak anak-anak bermain di playland yang ada di AEON. Di AEOn ini ada cukup banyak pilihan playland, ada yang di dalam Dept Store, di dekat XXI dan juga Miniapolis. Tadinya anak-anak memilih untuk main di playland yang ada di dept store, tapi berhubung tempatnya penuh sekali kami berpindah ke playland yang terletak di sebelah XXI. Kurang lebih 2 jam mereka main sementara gw nunggu di luar sambil nahan ngantuk *mata berat sooobbb*. Puas main-main waktunya untuk pulang dan selesailah libur lebaran kami tahun ini. Thanks to Devi dan keluarga yang bikin liburan kali ini lebih seru 🙂