Hotel Review: Mercure Convention Ancol

Setelah selesai melewati bulan-bulan penuh kerja karena momen Christmas dan Imlek, akhirnya gw bisa santai sejenak dan dapet libur di weekend 2 hari. Kesempatan libur ini tidak gw sia2kan dengan melakukan penebusan untuk ngajak istri dan anak untuk jalan-jalan. Yah jalan-jalannya sih emang ga jauh cuma ke Ancol tapi yang penting kan quality timenya hehehe. Gw memilih ke Ancol karena masih punya jatah menginap gratis dari Accor dan akan gw pakai untuk menginap di Mercure Ancol. Info dari salesnya fasilitas di Mercure Ancol ini cukup lengkap buat anak-anak jadilah gw melakukan reservasi untuk tanggal 27-28 February kemarin. Kami berangkat dari rumah sekitar pukul 9 pagi karena berencana mau mampir ke Ecopark dulu. Untuk masuk ke Ancol kami harus membayar 25rb per orang plus 20rb untuk mobil. Anak-anak di atas 2th akan dikenakan biaya masuk juga. Tapi untung kemarin Rafael ga dihitung jadi kami hanya membayar untuk gw, istri, dan nannynya anak-anak aja. Kami langsung menuju ke Ecopark yang ternyata pagi itu cukup ramai karena sedang ada gereja yang membuat acara disana. Ecopark ini cukup luas, banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini dari jogging, sepedaan, fitness (ada taman fitness disini), etc. Disini juga disediakan penyewaan sepeda dan juga buggy, gw ga sempet cek sih harga sewanya karena niatnya memang hanya jalan saja. Klo mau bawa sepeda sendiri juga bisa tapi dikenakan charge 30rb/sepeda. Hal yang pertama kami cari di Ecopark adalah makanan karena tadi pagi belum sempat sarapan saat berangkat. Setiap weekend ada banyak food stall di dekat exit Pasar Seni jadi kami langsung segera meluncur kesana. Ada banyak pilihan makanan disana dan semuanya bikin ngiler hehehe. Kami memesan mie ayam, pecel, nasi uduk, dan batagor. So far rasanya sih oke cuma khusus batagor ternyata yang dijual cuma kulit pangsit yang dikasih bumbu. Untuk membeli makan disini harus menggunakan kupon/voucher yang harus dibeli di stand yang disediakan, jangan khawatir semua kupon/voucher bisa direfund kalau tidak terpakai. Di area food stall ini ada juga live band yang tampil dari pukul 09.00 – 11.00 sesuai dengan jam operasional food stall ini. Selain itu anak-anak juga bisa kasih makan ikan dengan membeli pakan ikan seharga 5rb per kantong. Aktivitas lain yang bisa dilakukan disini adalah bermain sepeda air.

Picture 270

Picture 299

Puas bermain di Ecopark kami langsung menuju ke hotel untuk check in karena kebetulan si Louis tidur. Lokasi Mercure Hotel persis berada di seberang Ecopark. Memasuki hotel kami melihat antrian check in yang sangat panjang, ternyata sedang ada 2 group kantor yang sedang mengadakan outing di Ancol. Kami menunggu lebih dari 1 jam sampai akhirnya mendapat kamar. Selama menunggu gw sempat mengajak Rafael ke Kids Club mereka yang fasilitasnya cukup lengkap, ada area bermain bola, slide, mini theatere kemudian di ruang sebelahnya ada meja billiard dan juga meja pingpong yang bisa dimainkan orang dewasa dan juga anak-anak.

Picture 260
Antrian check in nya panjang banget

Siang itu kami lunch di Sunda Kelapa Restaurant yang ada di Mercure pertimbangannya karena siang itu panas banget bikin males keluar dan juga gw bisa dapat discount 50% untuk menu main course karena gw adalah member Accorplus. Gw memesan Buntut Penyet yang jadi andalan mereka, untuk menu lainnya yang gw pesan untuk istri, Rafael dan Nanny adalah nasi goreng, spaghetti carbonara dan Bento. Pelayanan dari staff di Mercure sangat baik, ramah dan helpful tapi sayang proses penyajian makanannya agak lama terutama untuk pesanan buntut dan spaghetti. Overall makanan yang mereka sajikan enak semua, especially Buntut penyetnya karena sambelnya dahsyat banget dijamin bibir bakalan jontor hehehe.

Untuk kamarnya ukurannya cukup besar dengan view menghadap ke laut tapi berhubung kamar kami berada di lantai 3 jadi viewnya kurang begitu bagus. Interior dan aksesoris di kamar agak kuno dan tua mungkin karena dulunya adalah Hotel Horison. Amenities juga tidak komplit padahal kami mengambil kamar yang deluxe.

Setelah acara bobo siang waktunya berenang, area kolam renang mereka terbagi 3 yaitu untuk dewasa, anak-anak dan kolam untuk permainan slide. Gw dan Rafael sempet nyoba main slide tapi ternyata meluncurnya tidak bisa cepat alias mesti dibantu pake tangan untuk bisa nyemplung sampai ke kolam. Gw sempet nanya ke staff kolam renang dan dijawab memang sengaja disetting seperti itu supaya tidak membahayakan anak-anak. Tapi buat gw merupakan 1 poin minus lah 🙂

Picture 266Picture 245

Selesai berenang waktunya mandi dan siap-siap makan malam. Kebetulan hari itu Faro datang berkunjung bersama istri dan anaknya dan kebetulan juga teman kami Daniel dan Alana sedang nginep juga di Mercure Ancol bersama anaknya jadilah kami dinner bareng di Bandar Djakarta.

Picture 253
Rafael dan Olong

Picture 252

Selesai makan kami kembali ke hotel, sambil menunggu anak-anak bersih-bersih badan dan tidur, gw dan Faro turun ke lounge untuk ngobrol sambil minum-minum. Niat awal sih ngebeer tapi jadinya pesen Jack Daniel 😀 Hari itu ditutup setelah Faro dan keluarganya pulang dan kamipun tidur.

Besok paginya gantian Devi dan keluarga datang untuk main dan berenang bareng. Kamipun breakfast bareng di Sunda Kelapa Restaurant dan sekalian menunggu hujan reda supaya bisa berenang. Setelah hujan reda, anak-anakpun turun berenang sampai akhirnya harus selesai karena hujan turun lagi. Kasian anak-anak ga bisa berenang sampai puas. Aktivitas selanjutnya adalah beres-beres kemudian check out. Overall we had a great time here, Mercure Ancol bisa menjadi rekomendasi untuk keluarga yang mau liburan singkat di Jakarta dijamin anak-anak juga pasti happy 🙂