Fake Money and Interrogation by Police

22 September 2015

Hari ini adalah hari terakhir kami berada di Rome karena nanti siang kami sudah harus berpindah ke Barcelona. Kami bangun lebih santai pagi itu dan masih sempet leyeh-leyeh di kasur sebelum akhirnya memutuskan untuk breakfast. Berhubung breakfast di hotel sangat sederhana dan udah pasti bosan secara 3 hari berturut-turut sarapannya ga berubah, gw memutuskan untuk turun ke resto sambil bawa popmie kari ayam. Sedikit berimprovisasi, gw ambil keju mozarella yang ada di resto sama daging ham untuk dicampur ke dalam cup popmie. Rasanya luar biasa karena keju meleleh di kuah popmie dan hamnya menjadi lebih matang. Istri yang awalnya males ikutan mendadak langsung minta kunci kamar dan ambil popmie lagi karena ngiler liat popmie buatan gw 😀 Selesai sarapan kami kembali ke kamar untuk mandi dan bersiap-siap untuk checkout.

Picture 639
Pop Mie + keju.. Lezatooo 🙂

Setelah check out kami langsung bergegas ke Termini karena kami akan kembali menggunakan Leonardo da Vinci Express untuk menuju ke Fiumincino Airport. Untuk beli tiket menuju airport bisa menggunakan self service machine yang tersedia cukup banyak di Termini. Pembelian bisa dilakukan menggunakan cash, coin ataupun kartu kredit. Perhatikan baik-baik tanggal dan jam keberangkatan supaya tidak ketinggalan kereta. Tiba di airport kami langsung menuju ke counter Ryan Air untuk drop baggage karena sebelumnya kami sudah melakukan online check in. Oiya Ryan Air ini adalah salah satu budget airlines di Eropa selain Easy Jet, dan sepertinya aturan 1 cabin bag mereka lebih fleksibel karena gw sempet liat ada orang bawa handbag dan juga luggage kecil untuk dibawa ke cabin. Berhubung waktu yang tersisa masih cukup panjang kami memutuskan untuk makan siang dulu di salah satu resto yang ada di terminal keberangkatan.

Picture 638
Nunggu pesawat ke Barcelona

Ketika tiba saatnya untuk boarding, kami langsung menuju gate dan melihat antrian untuk naik ke shuttle bus sangat panjang. Gw memutuskan untuk duduk dulu karena proses untuk naik ke bus agak lama. Ternyata 1 bus tidak cukup untuk mengangkut kami semua sehingga sebagian penumpang termasuk gw harus menunggu bus lain yang akan menjemput dan mengantar kami ke pesawat. Proses nunggunya ini nih yang lama banget, seharusnya keberangkatan jam 12.40 tapi sampai jam 12.35 kami masih menunggu bus di gate. Setelah naik bus ternyata perjalanan menuju pesawat juga agak jauh dan kami baru masuk pesawat sekitar pukul 12.50. Untung gw membeli seat di area depan jadi ga perlu repot berdesakan dengan orang yang sibuk naikin luggage ke compartment. Begitu duduk gw langsung pasang earphone dan tidur. 1 jam kemudian gw terbangun dan ternyata pesawat masih belum beranjak dari landasan. Udara di dalam pesawat juga agak gerah karena AC belum berfungsi maksimal, sebagian penumpang juga mulai sibuk kipas-kipas karena kegerahan. Untungnya 5 menit kemudian akhirnya pesawat lepas landas dan AC di pesawat mulai dingin. Pesawat yang harusnya tiba di Barcelona el Praat Airport pukul 14.35 mundur menjadi pukul 15.40. Ada yang unik saat pesawat ini mendarat karena tiba-tiba semua penumpang bertepuk tangan, gw dan istri yang kebingungan akhirnya ikut tepuk tangan juga 😀 Setelah mengambil bagasi gw dan istri langsung mencari train yang akan membawa kami ke pusat kota. Aslik jalan menuju ke train jauh banget mana sambil geret-geret koper pula. Sebelum naik train kami membeli tiket T10 untuk transportasi selama di Barcelona, harganya 9,95 Euro dan bisa dipakai berdua. Tiket ini bisa digunakan maksimal 10x untuk segala jenis transportasi selama berada di Barcelona. Cara untuk pake gantiannya adalah gw masukin dulu tiketnya, pintu kebuka dan gw langsung masuk. Kemudian tiket diambil istri gw dan digunakan dengan cara yang sama. Cara ini efektif untuk ngurangin budget loh karena selama di Barcelona gw cuma sekali beli tiket T10 ini hehehe.

Picture 499
T10 ticket

Dari El Praat Airport kami naik train menuju Sants station yang merupakan station utama Barcelona, dari Sants station kami naik Metro L5 yang menuju Vall d’Hebron dan turun di station Sagrada Familia. Gereja Sagrada Familia yang terkenal itu terletak di exit station Sagrada Familia. Karena kami masih ribet dengan urusan koper, kami putuskan untuk lanjut jalan kaki  menuju hotel Ibis Barcelona Centro. Perjalanan ke hotel sekitar 5 menit berjalan kaki. Setibanya di hotel kami langsung check in dan masuk ke kamar. Saat masuk kamar kami sedikit tercengang karena kamarnya cukup luas dan boleh dibilang selama Euro Trip, inilah kamar Ibis terluas. Kamar mandinya juga gede banget, padahal semua hotel Ibis yang kami tempati kamarnya cuma seiprit. Mungkin aja kamar kami diupgrade walaupun seinget gw si reception ga menginfokan apapun soal upgrade kamar.

Tujuan pertama kami di Barcelona adalah Camp Nou Stadium yang merupakan stadium milik klub terbaik di dunia saat ini, FC Barcelona. Karena saat itu sudah pukul 17.30 dan stadion akan tutup pukul 19.30 maka kami langsung bergegas meluncur ke Camp Nou. Untuk menuju ke Camp Nou kami harus naik metro L5 lagi dari Sagrada Familia dan ambil train yang menuju Cornella Centre dan turun di Collblanc station. Dari Collblanc station kami masih harus berjalan sekitar 10 menit menuju Camp Nou. Begitu sampe di Camp Nou Stadium sempet terdiam sebentar, ga percaya klo gw sudah sampe di Camp Nou karena selama ini gw cuma melihat stadion ini dari TV dan kali ini gw bisa menginjakkan kaki langsung disini. Camp Nou juga cukup berkesan buat gw karena tahun 1999 MU juara liga Champion disini setelah melewati pertandingan yang sangat dramatis.

Picture 633Picture 632

Sebelum masuk ke dalam gw membeli tiket dulu untuk tour stadium dengan harga 24 Euro per orang, cukup mahal sih tapi sebanding dengan experiencenya. Ga bisa dibandingin lah dalemnya dengan stadion di Indo …. *Yaiyalaaaah Ga ngapain juga lo banding-bandingin HAHAHHA….* Saat masuk ke dalam gw dibuat takjub dengan fasilitas dan juga suasana di dalam. Stadion ini begitu megah, modern dan cantik. Gw mengunjungi beberapa area seperti press room, kamar ganti pemain dan juga area komentator. Sayangnya di kamar ganti pemain hanya ada loker tanpa ada jersey pemain yang biasa disiapkan menjelang pertandingan. Kebayang betapa dimanja para pemain Barcelona ini karena di kamar ganti mereka terdapat fasilitas whirlpool, tempat massage, dan area untuk bersantai. Kami juga sempat berkunjung ke museum Barcelona, disini didisplay semua barang bersejarah selama Barcelona berdiri, ada juga sepatu Messi saat meraih golden boot, jumlah trophy Champion Leagues yang mereka menangi dan juga video-video pertandingan yang mereka jalani. Fasilitas yang dipakai juga sangat canggih menggunakan meja dengan layar sentuh seperti di film-film James Bond jaman dulu :p Tour stadium kami berlangsung singkat karena memang waktunya mepet dengan waktu tutup.

Picture 596Picture 599Picture 614

Camp Nou Stadium
Picture 606
Trophy Champions League

Dari museum kami masuk ke Megastore untuk mencari souvenir merchandise Barcelona untuk oleh-oleh. Megastore ini luas sekali terdiri dari 2 lantai dan menyediakan segala macam merchandise FC Barcelona untuk dewasa dan anak-anak. Display mereka juga sangat cantik-cantik. Tour Camp Nou stadium kami hari ini dinodai drama saat kami akan melakukan transaksi di kasir. Uang 50 Euro gw dianggap palsu karena mesin mereka menolak uang tersebut, gw langsung berinisiatif mengganti dengan uang lain dan kasir langsung melakukan transaksi ulang. Gw pikir masalah udah selesai tapi ternyata kasir memanggil petugas keamanan Megastore. Dan mereka sibuk beragurmen soal keaslian uang itu, sekilas gw melihat mereka bilang uang itu palsu. Yang ngeselin customer di sebelah gw sok-sokan bilang uang gw palsu dan nanya gw darimana ke kasir, si kasir jawab gw dari Indonesia. Aslik rasanya malu banget dan jujur saat itu gw mendadak kesel banget ke Peniti Money Changer, koq bisa money changer sebesar itu kecolongan. Gw mulai dinterogasi sama petugas keamanan dan dicek semua sisa uang gw. Mereka kaget saat liat sisa duit gw di dompet tinggal 20 Euro dan mereka tau gw masih ada di Eropa sampe tanggal 3 Oktober. Mereka ngira gw ga punya duit lagi dan emang pake duit palsu buat liburan. Akhirnya gw jelasin semua uang gw ada di istri gw yang lagi duduk di sofa. Akhirnya dipanggilah istri gw untuk nunjukin semua duit. Istri gw minta izin untuk buka money belt di toilet karena posisi moneybelt ada di atas celana dalamnya. Tapi ditolak petugas dengan alasan takut menghilangkan barang bukti. Gw udah mulai emosi karena ngerasa diperlakukan kaya penjahat, untung istri mengalah dan kluarin uang yang ada di money belt. Untungnya setelah dicek semua uang kami asli. Masalah belum selesai karena si petugas keamanan malah ngelanjutin manggil polisi dan gw dibawa menuju ke store manager mereka yang ga bisa bahasa Inggris. Hampir semua staff yang ada disana ga bisa bahasa Inggris termasuk 2 polisi yang datang menginterogasi gw. Heran juga klub sebesar Barcelona punya staff dan manager yang ga bisa bahasa Inggris sementara mereka banyak hidup juga dari turis. Di tengah kebingungan soal bahasa, salah satu polisi yang cewe ternyata bisa bahasa Inggris walaupun terbata-bata. Gw harus ngomong pelan-pelan supaya dia bisa ngerti. Gw ditanya soal tujuan perjalanan ke Eropa beserta tinggal dimana selama di Eropa. Setelah menunggu lebih dari 1 1/2 jam akhirnya masalah selesai dan uang gw dinyatakan asli. Intinya ada kesalahan di mesin si megastore. Si store manager cuma nunduk dan minta maaf ke gw, untungnya saat itu gw dalam kondisi udah cape dan kelaparan juga jadi udah ga ada energi untuk marah-marah. Dan karena gw sudah cape banget kami putuskan untuk balik ke hotel dan cari makan malam di dekat hotel.

Picture 605

Akhirnya makan malam kami di malam itu adalah KFC yang lokasinya ada di dekat hotel. Pertimbangannya karena sudah mulai bosan juga dengan makanan di Eropa dan juga kami cari yang simple karena sudah telat makan dan kelaparan. Ada menu KFC yang gw suka disini tapi ga ada di Indo. Mereka jual 1 bucket french fries tapi yang dipotong bulat dan digoreng dengan kulitnya. Aslik kentang ini enak banget hehehe.