First Day in London

25 September 2015

Ini adalah hari pertama kami di London dan kami bangun dengan perasaan excited. Mimpi istri untuk berkunjung ke London sudah terpenuhi sementara mimpi gw untuk nonton MU live di Old Trafford juga akan terpenuhi selangkah lagi. Begitu keluar hotel kami langsung menuju ke King Cross Station untuk meredeem tiket train ke Manchester. Jadwal keberangkatan kami ke Manchester adalah besok, kenapa gw ambil hari ini? Karena gw ga mau besok pagi ada drama mengingat jadwal keberangkatan kami adalah jam 8 pagi. Untuk menuju King Cross Station kami naik tube dari Aldgate East Station yang lokasinya persis di sebelah hotel kami. Setelah urusan tiket beres selanjutnya adalah urusan perut. Dari sebelum kami berangkat ke London, istri sudah kepingin banget makan burger di Shake Shack. Jadilah kami langsung meluncur menuju Covent Garden tempat dimana Shake Shack berada. Dari King Cross kami naik tube lagi dan turun di Covent Garden. Saat tiba di Covent Garden suasana pagi itu cukup ramai karena kebetulan sedang ada antrian iPhone 6S yang baru launching di hari itu. Saat itu juga banyak dekorasi bertemakan Shaun The Sheep berupa 3D dari Shaun The Sheep dan juga ada beberapa photo spot.

Setelah berfoto kami langsung bergegas masuk ke dalam dan mencari Shake Shack. Antrian saat itu cukup panjang, kami memesan 2 porsi burger dengan  varian berbeda ( gw lupa menu apa yang kami pesan :p ) dan juga french fries with cheese sauce. Setelah selesai order, kasir memberikan semacam alat yang akan menginformasikan apabila pesanan sudah jadi. Gw dan istri memutuskan untuk duduk di area outdoor. Thank God saat itu kami masih dapat tempat duduk karena setelah itu area tersebut langsung penuh bahkan ada customer yang harus menunggu untuk dapat tempat duduk. Burger Shake Shack ini ukurannya cukup besar dan rasanya enak, worth it lah jika harus antri dan nunggu lama.

Selesai makan kami sempat menikmati hiburan musik yang tampil di stage kecil yang ada disana. Penampilan mereka sangat menghibur karena mereka juga berinteraksi dengan pengunjung. Yang kasian ada 1 Bapak-bapak yang dikerjain oleh salah satu personil mereka sampai harus memberikan tip kepada mereka 😀 Dari Covent Garden tujuan kami selanjutnya adalah St.Giles Hotel, disana kami akan bertemu Tom, calo yang mencarikan kami tiket pertandingan Manchester United vs Sunderland untuk besok. Tiket ini sudah gw pesan dari 3 bulan sebelum pertandingan karena gw sempet panik takut ga dapet tiket untuk match ini. Harga tiketnya lebih mahal 2x lipat sih tapi demi MU berapapun harganya rela gw bayar hehehe. Untuk menuju St. Giles Hotel kami berjalan kaki menyusuri jalan kota London sambil lihat pemandangan dan juga foto-foto. Di perjalanan kami juga menemukan box telepon umum warna merah yang jadi ciri khas negara Inggris, ada juga taksi yang menggunakan mobil klasik, dan bus double decker atau 2 tingkat. IMG_3988

Pose di telepon umum 😀

Sesampainya di St. Giles Hotel ternyata Tom sudah ada disana dan kami langsung melakukan transaksi pembelian tiket. Tiket yang gw beli ternyata merupakan tiket pinjaman dari salah seorang member yang membeli tiket musiman atau season ticket. Jadi setelah pertandingan gw harus mengembalikan tiket tersebut ke St. Giles Hotel lagi. Menurut Tom tiket yang gw beli ini merupakan spot terbaik dan paling dekat dengan lapangan. Jadi makin ga sabar menunggu besok hehehe. Setelah transaksi selesai dilakukan gw dan istri melanjutkan perjalanan menuju Buckingham Palace. Dari St. Giles Hotel kami naik bus bernomor 14 kemudian turun di Green Park. Dari Green Park kami masih harus berjalan kaki lagi menyusuri taman untuk ke Buckingham Palace. Di taman ini banyak orang-orang sedang asik berjemur, baca buku, atau sekedar duduk santai menikmati ice cream ataupun crepe. Ada juga petugas yang menyewakan alas duduk ataupun kursi untuk bersantai di taman.

Naik Double Decker
Orang-orang yang sedang berjemur
Menikmati hot chocolate dan ice cream

Setelah kurang lebih 10 menit berjalan akhirnya kami tiba di Buckingham Palace yang merupakan istana kerajaan Inggris dimana Ratu Elizabeth II tinggal, saat itu suasana sangat ramai dipenuhi turis yang berkunjung dan juga berfoto. Agak sulit mendapatkan foto dengan latar tanpa ada orang lain disini hehehe. Setelah mendapatkan spot foto terbaik kami melanjutkan berjalan kaki menuju Big Ben yang merupakan icon dari kota London. Untuk menuju ke Big Ben kami harus melewati St. James Park, sebuah taman yang cantik yang lokasinya persis berada di seberang Buckingham Palace.

Kami berjalan menyusuri St. James Park sambil menikmati hawa yang sejuk di siang hari. Walaupun matahari terik menyengat tapi udaranya tetep adem (tetep bau matahari sih :p). Tidak lama kemudian tibalah kami di Big Ben sebuah jam yang menjadi icon kota London yang tinggi menjulang dengan gagahnya. Di seberang Big Ben terdapat hamparan rumput yang luas dimana orang sedang asik mengambil spot foto terbaik dengan latar belakang Big Ben. Kamipun akhirnya bergabung dengan kerumunan orang tersebut untuk mengambil spot foto juga. Tak jauh dari Big Ben terdapat Westminster Abbey yang merupakan gereja yang cukup terkenal  yang menjadi tempat penobatan raja dan ratu Inggris dan juga pemakaman mereka. Dari Westminster Abbey kami lanjut berjalan kaki menuju London Eye yang merupakan salah satu tourist attraction yang cukup terkenal. Saat itu antrian untuk naik London Eye cukup panjang dan kami putuskan untuk tidak naik dan hanya berfoto saja disana. Dalam bayangan gw sih paling rasanya sama kaya naik Singapore Flyer hehehe.

Kesampean juga foto di depan Big Ben 🙂

Tujuan kami selanjutnya adalah Borough Market, pasar tradisional yang menjual banyak sekali makanan dan bahan makanan. Berhubung kami memang doyan makan, berkunjung ke Borough Market merupakan pilihan yang oke 😀 Untuk menuju ke Borough Market kami harus naik tube dulu dari Waterloo Station dan turun di London Bridge station. Keluar dari London Bridge Station sudah banyak papan penunjuk arah yang akan mengarahkan ke Borough Market. Saat kami tiba suasana disana cukup ramai, namanya juga pasar ya udah pasti rame lah yah 😀 Dan benar saja di Borough Market ini merupakan surganya makanan, kami langsung sibuk icip icip makanan yang ada disana, icip-icip disini maksudnya nyobain tester yah alias gratis hahahaha. Oiya kami juga sempet jajan sosis dan nasi goreng yang mirip-mirip seperti yang kami makan di Amsterdam.

Keluar dari Borough Market perut kami rasanya mau meledak karena sudah terlalu banyak makan. Dan berhubung besok pagi-pagi sekali kami harus ke Manchester maka kami sudahi perjalanan kami di London hari ini supaya bisa mempersiapkan energi untuk esok hari nonton bola di Old Trafford 🙂