The Match Day

26 September 2015

Setelah semaleman ga bisa tidur akhirnya hari ini tiba juga. Hari dimana mimpi gw dari kecil akan menjadi nyata. Pertama kali gw ceritain mimpi ke istri soal mau nonton MU langsung di Old Trafford yaitu pas jaman pacaran dan yang ada malah doi ngetawain gw 😀 Dan pagi ini dimulai dengan sedikit drama, gw yang dari kemarin udah persiapkan semuanya dengan baik dari tiket nonton bola, tiket train ke Manchester dan jersey MU malah hampir merusak semuanya. Klo kata istri sih dari kemarin memang gw udah mulai senewen…. hahaha norak banget yah.

Half way to go 🙂

Jadi ceritanya gara-gara terlalu senewen, dari pagi gw udah ngeburu-buruin istri supaya berangkat pagi-pagi banget sampe dia mau sarapan pun ga gw kasih dan gw bilang sarapan aja di station saat nunggu kereta. Klo belum naik kereta menuju Manchester rasanya masih belum tenang. Dan kejadianlah kebodohan gw saat kita mau naik tube, saking senewennya gw ga merhatiin lagi tube yang dateng itu tujuannya kemana, gw langsung naik aja tanpa tahu kereta yang gw naikin itu berlawanan arah dari tujuan gw. Harusnya gw naik kereta menuju ke King Cross Station tp yg gw naikin malah line lain dan arahnya justru makin menjauh dari King Cross Station. Gw baru sadar setelah 2 perhentian karena nama stationnya ga familiar di kuping gw. Karena panik gw langsung turun dan naik kereta dengan line yang sama untuk balik ke Aldgate East Station lagi. Apesnya lagi Tube dengan line yang akan membawa gw ke King Cross Station sedang ada gangguan, tube yang harusnya muncul 3-5 menit sekali itu belum muncul dari setengah jam yang lalu. Gw bolak-balik nanya ke petugas dan jawabannya disuruh tunggu dan liat aja informasi kedatangan tubenya. Di informasi tertulis 3 menit lagi tapi setelah ditunggu lebih dari 3 menit si tube masih belum dateng juga. Saat itu udah jam setengah 8 lewat dan gw putuskan untuk naik taksi aja karena tube yang akan membawa kami ke Euston Station dari King Cross akan berangkat pukul 8 teng. Saat gw mulai jalan keluar tiba-tiba tube yang ditunggu dateng, akhirnya ga jadi naik taksi deh. Kami tiba di King Cross Station pukul 8 kurang 5 menit dan langsung lari deh menuju tube yang akan membawa kami ke Euston, untungnya kemarin udah redeem tiket ke Manchester dan ud survey juga naik tubenya dari sebelah mana jadi ga perlu repot nyari-nyari lagi. Dari King Cross Station ke Euston station hanya berjarak 1 station dan kami masih punya cukup waktu sebelum train menuju Manchester berangkat. Gw dan istri masuk ke salah satu cafe yang ada disana dan beli bekal buat sarapan. Tepat pukul 08.20 kereta yang membawa kami menuju Manchester berangkat, saat itu baru deh gw mulai merasa lega. Oiya gw ternyata ga perhatiin dengan detail saat beli tiket ke Manchester, gw ga ambil pilihan reserved seat yang berakibat gw harus nyari kursi yang available sampe Manchester. Agak repot sih karena lebih dari sebagian seat sudah di reserved orang.

Sarapan sushi dulu 😀

Selama perjalanan gw sempet chat juga dengan Danu, seorang fans MU dari Indonesia yang kebetulan akan nonton match ini juga. Gw dikenalkan oleh Tom saat ambil tiket kemarin. Lumayan jadi ada temen buat nonton bareng, kebetulan orang ini udah sering nonton jadi gw bisa nanya-nanya harus masuk lewat gate mana. Kami janjian ketemu langsung di Manchester sekalian makan siang disana. Sekitar pukul 10.28 kami tiba di Manchester Picadilly Station, karena waktu yang tersisa masih cukup panjang gw memutuskan untuk mampir dulu ke kandang tetangga (baca: Manchester City) kebetulan match hari ini pukul 15.00 dan gw janjian sama Danu jam 12.00 untuk lunch. Untuk menuju Etihad Stadium gw harus naik tram dari Manchester Picadilly Station menuju Etihad Campus Station. Gw membeli tiket day pass menggunakan tram dan bus seharga £6,7/tiket. Di Etihad Stadium gw sempet foto-foto sebentar walaupun parno takut ktemu sama hooligansnya City Hahahhaa. Abis foto gw langsung kabur naik tram lagi untuk ktemu Danu.

Day Pass Tram/Bus
Hello noisy neighbour

Dari Etihad Stadium kami naik tram lagi sampai Picadilly Gardens kemudian ganti naik bus nomor 41 menuju Wilmslow Road. Di Wilmslow Road ini banyak terdapat makanan asia dan timur tengah jadi lumayan bisa mengobati kerinduan untuk makan nasi. Kami lunch di Afghan Cuisine yang menyajikan makanan timur tengah. Saat tiba disana ternyata Danu juga bersama orang Indonesia lain dan 1 orang Malaysia yang akan ikut nonton. Benar-benar pengalaman yang menyenangkan karena mendapat teman baru. Selesai makan kami langsung menuju Old Trafford menggunakan taxi supaya bisa foto-foto dulu mengingat waktu kami sangat mepet setelah match karena harus balik lagi ke London. Saat taxi berjalan menuju Old Trafford perasaan gw makin campur aduk dan deg-degan karena momen ini sudah gw tunggu bertahun-tahun lamanya.. Agak lebayatun yaaaa hahahhaa… Taxi berhenti 1 blok sebelum Old Trafford karena sebagian jalan sudah ditutup menjelang pertandingan. Kamipun turun dan melanjutkan berjalan kaki menuju stadion. Di sepanjang jalan banyak yang menjual merchandise MU dan gw pun membeli sebuah scarf match day yang bertuliskan tanggal hari itu dan pertandingan hari itu. Daaann akhirnyaaaa sampailah gw di Old Trafford… Iyaaa Old Trafford bukan GBK Senayan. Gw sempet diem sebentar sambil ngeliat ke arah stadion sambil meyakinkan diri klo ini bukan mimpi dan yaa mimpi gw akhirnya jadi nyata. Setelah itu cerita selanjutnya sudah bisa ditebak gw langsung cari spot bagus buat foto-foto.

Selangkah menuju Old Trafford
My dream come true 🙂
We’re ready for the match

Setelah puas berfoto kami memutuskan untuk masuk ke bar untuk nonton bareng City vs Tottenham sambil minum bir. Lokasi barnya di Football hotel yang persis berada di seberang Old Trafford. Suasana nobar sangat seru karena kami semua pastinya berharap si tetangga yang berisik itu kalah dan hari itu memang harinya kami karena City kalah 4-1 dan suasana di bar semakin riuh bergemuruh.

Menjelang pertandingan berakhir kami memutuskan untuk keluar bar karena mau mampir ke megastore dulu. Dan alamaaakk itu megastore penuh banget kaya cendol, gw bener-bener cuma sebentar disana untuk beli beberapa merchandise buat oleh-oleh dan langsung cabut karena ga tahan lama-lama disana. Sekeluarnya dari megastore kami langsung masuk ke dalam stadion dan Oh My Goooodd…. Posisi duduk kami benar-benar bagus dan sangat dekat dengan lapangan dan tunnel keluar masuk pemain. Kursi kami berada di urutan ke 3 dari lapangan. Gw bener-bener sangat berterimakasih sama si Tom karena sudah mencarikan spot duduk yang sangat bagus. Ga sia-sia deh bayar mahal untuk dapetin seat ini. Saat kami sedang asik berfoto tiba-tiba muncul para pemain yang keluar dari tunnel untuk pemanasan, kesempatan ini sudah pasti tidak gw lewatkan untuk foto-foto.

Pemain sedang warming up
Schweiniiiii
Giggsy my idoool 🙂

Beberapa saat kemudian para pemain kembali ke tunnel karena pertandingan akan segera dimulai. Suasana stadion semakin bergemuruh, suara chant menggema di seluruh penjuru Old Trafford, dan suporter terus meneriakkan yel yel dari setiap pemain. Sungguh merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Dan saat yang ditunggu-tunggupun tiba, para pemain mulai keluar dari tunnel dan penonton makin bersemangat meneriakan dukungan.

Full Time 3-0

Pertandingan sendiri berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan MU. Hari ini memang harinya kami di saat tetangga kalah kami malah berpesta 3 gol ke gawang lawan sekaligus mengantarkan MU ke puncak klasemen saat itu. Setelah pertandingan selesai gw berencana menunggu para pemain di exit South Stand, dari info yang gw dapet setelah pertandingan para pemain akan keluar dari sana dan apabila habis menang maka mood mereka akan bagus dan mau meladeni fans yang minta tandatangan dan foto bersama. Sayangnya saat itu gw melihat antrian train menuju ke Picadilly sangat panjang dan gw khawatir akan ketinggalan train untuk balik ke London karena jadwal kami kembali ke London adalah pukul 19.00. Akhirnya gw dan teman-teman memutuskan untuk tidak jadi menunggu pemain dan berangkat menuju station. Karena antrian train sangat panjang dan sulit mendapatkan taksi disana, kami akhirnya berjalan kaki bersama para suporter lainnya untuk menuju ke station tram lain yang terdekat. Hari ini benar-benar hari yang membahagiakan dan tidak terlupakan walaupun ada sedikit kekecewaan karena gw tidak menginap di Manchester dan ga sempat melakukan tour stadium. Semoga ke depannya masih ada kesempatan lagi untuk kembali nonton MU di Old Trafford… Amiiiinnn..

Kami tiba di London sudah cukup malam dan karena kondisi badan sudah mulai lelah gw dan istri memutuskan untuk makan malam di dekat hotel saja. Kebetulan sedang ada festival Dinerama tidak jauh dari hotel. Dinerama ini semacam street food festival di tempat outdoor dimana pengunjung bisa makan, minum, ngebir sambil menikmati musik yang dibawakan oleh DJ. Dinerama ini tidak ada sepanjang tahun, biasanya mereka hadir di season tertentu. Saat kami sampai disana suasana sedang hiruk pikuk oleh suara musik DJ dan pengunjung yang asik berjoget. Semua kursi yang tersedia hampir terisi full dan sudah banyak juga makanan yang habis. Kami memesan beberapa jenis makanan dari beberapa stall dan menghabiskan malam disana. Ga enaknya cuma satu saat udah seret dan butuh minuman tetapi yang dijual disana hanya ada bir dan liquor 😀 Saat malam semakin larut kami memutuskan untuk kembali ke hotel untuk beristirahat supaya fit untuk jalan-jalan lagi besok.